Cara Memilih Mie Yang Baik

31 Oct

Mie merupakan makanan yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Rasanya yang enak dan juga masaknya yang praktis dan cepat membuat mie menjadi makanan idola masyarakat. Tetapi saking asiknya makan mie, kita sampai lupa memilih atau memeriksa kondisi mie yang akan kita makan. Berikut tips untuk memilih mie yang baik, antara lain:

1. Bebas Formalin
Formalin adalah larutan yang dapat digunakan untuk membasmi sebagian besar bakteri, sehingga sering digunakan sebagai disinfektan dan juga sebagai bahan pengawet. Akan tepapi sebagai disinfektan, formalin dimanfaatkan sebagai pembersih lantai, kapal, gudang dan pakaian. Maka apabila digunakan buat makanan, dampaknya akan sangat buruk.
Cara mengenali makanan yang mengandung formalin adalah dengan mencium baunya. Makanan yang terkontaminasi formalin akan berbau menyengat. Selain itu mie jika didiamkan tahan lebih lama dari 2 hari, menjadi 15 hari masih bagus.
2. Bebas Borax
Borax adalah senyawa yang berbentuk kristal dan berawarna putih,juga tidak berbau. Biasanya borax digunakan untuk pembersih lantai sebagai antiseptik. Maka tidak baik jika dicampur ke makanan.
Makanan yang mengandung borax bila dipegang sangat kenyal, mengkilat, tidak lengket, dan tidak cepat putus apabila ditarik.
3. Perhatikan Warna Mie
Warna mie yang baik adalah yang agak pucat.
4. Mie mudah putus
Mie yang bebas borax, bila kita tarik maka mudah putus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: